SMA Negeri 3 Cilegon

DI MASA PANDEMI COVID 19, SMAN 3 CILEGON KEMBALI ADAKAN PTS BERBASIS CBT ONLINE, MEWUJUDKAN GENERASI YANG MAMPU BERADAPTASI DI ERA INDUSTRI 4.0

Penilaian Tengah Semester (PTS) rutin dilaksanakan oleh SMAN 3 Cilegon sebagai tahap evaluasi terhadap perkembangan peserta didik selama 3 bulan pembelajaran yang telah dilakukan. Semenjak tahun 2019 tepatnya di semester genap, SMAN 3 Cilegon telah melakukan inovasi dalam pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu berbasis online dengan menggunakan telepon genggam atau laptop. Semua itu dilakukan sekolah dalam rangka menjadikan peserta didik mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi di era industri 4.0. Selain itu, untuk mmenghemat penggunaan kertas berlebih yang saat ini Indonesia telah rentan terhadap sampah dan pengurangan penebangan pohon sebagai bahan dasar pembuatan kertas.

“Sebelum adanya kebijakan pemerintah yang mengharuskan belajar di rumah, PTS di rumah, dan PAT di rumah dengan berbasis online yang dikarenakan adanya wabah berbahaya, SMAN 3 Cilegon sudah menerapkannya terlebih dahulu. Sebab, meskipun sekolah kami berada jauh dari pusat kota, tepatnya di perbukitan yang lumayan pelosok kota, tapi kami ingin warga sekolah kami khususnya para peserta didik dapat beradaptasi dengan kamajuan teknologi yang semakin canggih. Adapun dalam pelaksanaanya, di awal percobaan terdapat beberapa kendala. Misalnya,  kepanikan para peserta didik dengan sistem yang baru mereka kenal, jaringan yang tidak stabil, dan lainnya. Namun, Alhamdulillah seiring berjalannya waktu dapat teratasi dengan baik dan berjalan lancar. Oleh karena itu, ketika kami melaksanakan penilaian berbasis online di masa pandemi ini kami sudah mulai terbiasa.” Ujar Tedi Septihartadi selaku waka kurikulum.

PTS semester gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 berbasis CBT (Computer Based Test) Online dilaksanakan pada tanggal 28 September sampai dengan 02 Oktober 2020. Kegiatan PTS dilaksanakan sepenuhnya dirumah masing-masing mengingat pemberlakukan BDR (Belajar dari Rumah) berdasarkan intruksi Gubernur Banten. Tentu dengan tetap memfasilitasi peserta didik yang mengalami hambatan jaringan atau tidak mempunya ponsel/laptop dengan melaksanakan PTS di Lab Komputer Sekolah. Seluruh peserta didik SMAN 3 Cilegon termasuk para peserta didik baru dapat mengikutinya dengan baik. Seperti yang telah diungkapkan oleh Azril Ramadhan sebagai salah satu peserta didik SMAN 3 Cilegon “Alhamdulillah PTS berbasis CBT Online telah kami ikuti dengan baik dan berjalan lancar, meskipun di saat hari pertama PTS,   kami sering sekali merasa kesal akibat jaringan yang tidak stabil sehingga membuat sistem error-erroran terus. Namun, semua itu hanyalah tantangan kecil bagi kami. Karena kami sadar untuk mewujudkan sekolah yang maju pasti akan ada tantangan yang menghadang”

Pada prinsipnya sekolah senantiasa memfasilitasi guna mengadaptasi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hikmah di masa pandemi Covid 19 ini memberikan sekolah tantangan agar terus berupaya melakukan segala macam inovasi agar pembelajaran dan evaluasi pembelajaran tetap berjalan dengan lancar. Sehingga terbentuknya output peserta didik yang adaptif dan berdaya saing. (LailatulDzikriyah_Red)

Description: C:\Users\User\Downloads\19802208-9441-4067-af2b-e926e3967bd8.jpg

1 komentar untuk “DI MASA PANDEMI COVID 19, SMAN 3 CILEGON KEMBALI ADAKAN PTS BERBASIS CBT ONLINE, MEWUJUDKAN GENERASI YANG MAMPU BERADAPTASI DI ERA INDUSTRI 4.0”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *